PELATIHAN "MANAGEMENT OF GARBAGE" (PKMM-M)

by 08.12 0 komentar
Semarang, 12 Juni 2016
Idealnya, muara dari semua karya tulis ilmiah adalah pengabdian. Entah dalam bentuk apapun, hendaknya karya tulis yang kita buat dapat bermanfaat bagi lingkungan kita. Karena sebaik-baik manusia adalah yang beranfaat bagi orang lain bukan?
Kali ini kami, empat otang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang berkesempatan untuk melakasanakan Program Kreatiitas Mahasiswa (PKM)-Pengabdian Masyarakat  di Gang Cempakasari, RT01/RW01 Sekaran, Gunungpati, Semarang.
Berangkat dari pengelolaan sampah di gang ini yang belum dilakukan dengan benar, kami mengadakan pelatihan  dengan judul "Management of Garbage" bagi ibu-ibu PKK. Sampah di gang ini dan gang-gang sekitarnya biasanya dimusnahkan dengan dibakar. Padahal kita semua tahu, pembakaran sampah berdampak buruk bagi ligkungan dan kesehatan masyarakat sendiri dalam jangka panjang. Warga terus melakukan cara yang sama atas nama kepraktisan. Bayangkan saja jika hal ini terus berlangsung dan dilakukan oleh seluruh masyarkat sekota saja, bagaimana kabar lingkungan kita 10 tahun kedepan?
Mau tidak mau, harus ada yang peduli pada hal ini, untuk kemudian mengajak orang diseitarnya untuk memulai mengelola sampah dengan baik dan benar.  Atau minimal, menerapkan pada dirinya sendiri.
Kami mendatangkan pembicara dari Magelang yakni. Bapak  Maryanto dadn Ibu Kasyati. Mereka adalah relawan lingkungan yang berperan besar menjadikan kampungnya menjadi kampung sehat terbaik di Magelang.
Kebahagiaan kami adalah ketika melihat peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Membuat kami optimis, bahwa kedepan, pengolahan sampah yang baik dan benar dapat diterapkan disini.
Akhirnya, kami ucapkan terimakasih kepada Dikti yang telah membei kesempatan pada kam untuk melaksanakan proposal yang kami ajukan, dosen pembimbing, pihak birokrat dan segenap tim review PKM Universitas Negeri Semarang yang telah membimbing dan mendukung penuh kegiatan kami, Bapak RT01/RW01  Cempakasari Sekaran dan ibu-ibu serta masyarakat yang sangat menyambut baik kegiatan yang kami laksanakan, serta teman-teman yang telah ikut mendukung acara ini.

warnakata

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar