Semoga MOS Bisa Kembali ke Jalan yang Lurus :)

by 08.01 1 komentar

Seperti biasa, awal tahun ajaran baru, Masa Orientasi Siswa (MOS) kembali menjadi perbincangan. Setiap hari berbagai media ramai membahas isu ini. Hingga akhirnya, tahun ini, 2015, ada siswa SMP bernama Evan yang meninggal diduga akibat MOS. Benar tidaknya kabar itu? Masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang. Satu lagi noda MOS tercipta. 



Tapi saya tak akan membahas benar tidaknya Evan meninggal karena MOS, bukan ranah saya. Saya hanya akan ikut beropini sebagai seseorang yang pernah mengalami MOS yang lumayan aneh. 
  
Topi dari keranjang plastik, papan nama berbentuk buah, balon warna abu-abu yang pas waktu itu kok ya susah dicari, adalah sebagian kecil dari perlengkapan yang harus dibawa saat MOS. Yang bikin aneh itu menurut saya lebih pada penugasan harian untuk membawa makanan atau minuman setiap harinya yang jenis nya tak pernah diberi tahu. Kita hanya diberi clue, yah semacam teka-teki gitu lah. Dan itu beneran bikin pusing. Bagaimana tidak, kita hanya punya waktu semalem untuk mencari. Bisa bayangkan saya yang rumahnya jauh di desa, yang hanya bisa mengandalkan angkot ini tentu sulit sekali. Misalnya gini nih, “makanan warnakerajaankecil” waktu itu saya bingung menebak-nebak apa jawabannya, dan ternyata itu adalah salah satu merk coklat terkenal di Indonesia. Pasti tahu kan? :D enggak? coba ditebak lagi deh hehe. Kita-kita siswa baru tak pernah tau deh itu semua barang-barang buat apa. Yang bawa dikumpulin, yang ga bawa dihukum. 

Tak berhenti disitu saja. Siswa baru juga wajib minta tanda tangan ke banyak senior dan guru. Okelah ini untuk proses mengenali mereka, apalagi yang guru memang berasa manfaatnya. Tapi yang buat minta tanda tangan sang senior ini lho, susahnya pake banget. Pake dikerjain dulu. Suruh ngerayulah, suruh cari-cari semutlah, dan hal-hal aneh lain. 

Setelah saya renungkan kegiatan-kegiatan itu, sepertinya memang tak berpengaruh sama kelanjutan pendidikan saya disekolah itu, kecuali pengetahuan letak-letak ruang sama nama-nama sebagian kecil guru. Yang lainnya? nothing. Yang tersisa adalah malu kalau ketemu kakak kelas yang dulu dirayu. Satu lagi, MOS waktu itu bener-bener nguras dompet banget nget nget. Saat saya jadi senior, saya baru tahu kalau itu semua hanya tradisi warisan turun temurun. Semacam adat gitu. Katanya sih buat ngelatih mental, ngelatih mental apa ngerjain maksimal?  

Sudah saatnya MOS yang kontennya aneh-aneh dan tak ada hubungannya sama sekali dengan pendidikan ini dirubah. Kegiatan ini perlu dikembalikan ke jalannya yang lurus. Sesuai tujuannya. Tentu saja ini perlu kerjasama pihak-pihak terkait. Harus ada benar-benar diawasi kegiatan ini supaya tak jadi aji mumpung senior buat ngerjain siswa baru. 

Baiklah, yang sudah ya sudah, semoga kita semua mau belajar dari pengalaman MOS tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Tahun depan? semoga MOS nya kembali ke jalan yang lurus dan  jadi asyik ya terutama buat siswa baru. ^^

warnakata

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar: